Minggu, 06 September 2020

Indahnya Berbagi dengan Saudara

     Dalam kehidupan sehari-hari kita tak luput dari membutuhkan bantuan orang lain, oleh karena itu kita harus selalu baik kepada orang lain terutama saudara kita sendiri, baik saudara kita yang kaya maupun yang miskin. Karena semuanya kita butuhkan. Orang kaya membutuhkan orang miskin pun sebaliknya orang miskin membutuhkan orang kaya.
     Terkadang ada saudara kita yang sangat mrmbutuhkan bantuan kita, tetapi kita berat sekali untuk membantunya hanya karena mereka kurang berada, kita menghawatirkan kelak mampukah mereka untuk membalas atau mengembalikan bantuan yang telah kita berikan tersebut. 
     Kita tidak menyadari bahwa yang akan membalas semua kebaikan yang telah kita lakukan itu adalah Allah SWT. dalam hal apapun semua akan Allah SWT. balas karena sesuai dengan firman-Nya dalam Al-Qur'an Surat Al-Zalzalah ayat 7 dan 8 yang artinya "7. Maka barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan 8. Dan narang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
     Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadari akan hal itu, kita akan menganggap remeh hal tersebut, karena dalam pikiran kita untuk membantu saudara kita ataupun orang lain itu kita akan mengharapkan imbalan atau balasan dari orang tersebut saja, padahal itu salah besar. Kita disuruh untuk ikhlas  saja dalam berbuat maka kita akan mendapatkan balasannya dari Allah SWT.
     Balasan yang akan kita terima tidak mesti harus sama ya seperti yang telah kita berikan kepada saudara kita ataupun orang lain, balasannya bisa berupa apa saja, sesuai dengan yang kita butuhkan saat itu, misalnya ketika kita memberikan bantuan kepada orang yang kelaparan berupa makanan, nah balasan yang kita terima belum tentu berupa makanan juga, bisa saja berupa uang atau kesehatan atau yang lainnya.
     Sering juga kita meremehkan saudara kita yang tidak memiliki apa-apa, kita tidak mau membantunya, apalagi kalau saudara kita itu nakal misalnya tidak mau bekerja, sukanya keluyuran dan lain sebagainya. Kita jangan menyepelekan mereka karena nasib seseorang tidak ada yang tau, mungkin saat ini nasibnya lagi berada dibawah belum tentu besok akan sama. Kita bisa membantu saudara kita tersebut dengan cara menasehatinya, mengajak dia bekerja, atau memberikan modal usaha kepadanya kalau kita mampu apa salahnya kita coba. Terkadang seseorang itu belum diberi kesempatan saja sehingga dia belum bernasib baik. Oleh karena itu kita jangan suka meremehkan saudara kita.
     Jika kita suka membantu saudara kita yang sedang dalam kesusahan maka kita akan mendapatkan ketenang hati dan akan merasakan kebahagiaan tersendiri dihati kita, yakinlah bahwa Allah SWT. selalu bersama kita dan selalu mengawasi kita. Jika kita berdo'a untuk saudara - saudara kita maka malaikat akan mendo'akan kita juga. Maukah kalian dido'akan Malaikat ? jika mau perbanyaklah untuk mendo'akan orang lain. 
     Sekian tulisan saya ini semoga bermanfaat, kritik dan saran sangat saya butuhkan karena ini adalah tulisan pertama saya.

4 komentar:

Rika Ria mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya aku bisa juga

NING HANDAYANI mengatakan...

Saudara ,keluarga adalah tempat kita bermuara. Sejauh kaki kita berpetualang sejauh mata kita memandang sejauh angan kita melayang, ke keluarga kita akan kembali. Tidak ada bekas saudara,tidak ada bekas keluarga , yang ada kita adalah saudara selamanya.

NING HANDAYANI mengatakan...

Saudara ,keluarga adalah tempat kita bermuara. Sejauh kaki kita berpetualang sejauh mata kita memandang sejauh angan kita melayang, ke keluarga kita akan kembali. Tidak ada bekas saudara,tidak ada bekas keluarga , yang ada kita adalah saudara selamanya.

Rika Ria mengatakan...

Benar sekali bu, bagaimana pun keadaan saudara kita mereka itulah yang akan rela mengorbankan dirinya untuk kita kalau kita ada masalah

Keajaiban Sebuah Do'a

  Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.       Do'a adalah Permohonan seorang hambah kepada sang penciptanya. Dalam berdo'...